Beginikah Proses Terjadinya Petir?

Petir adalah kembang api raksasa yang biasanya muncul saat turun hujan yang membawa awan  tebal, menimbulkan suara yang menggelegar, bahkan bisa merusak sistem kehidupan jika bersentuhan langsung. Lalu bagaimana terjadinya proses petir itu terjadi diatas awan? Kenapa menimbulkan suara yang sangat keras? Dan kenapa terjadi saat hujan turun?

Bagaimana proses terjadinya petir?

      Pada proses terjadinya petir, Ada ion bebas yang berkumpul di dalam awan yang memiliki muatan positif dan negatif. Sedangkan permukaan bumi bermuatan netral. adanya perbedaan potensial antara bumi dan awan inilah terjadi petir.

       Didalam awan, ion bebas yang memiliki muatan negatif dan muatan positif berkumpul. Karena awan bergerak melalui tiupan angin, gerakan awan ini menimbulkan gesekan sehingga terjadi ionisasi karena titik-titik air yang berubah menjadi gas karena mengalami penguapan atau bisa juga sebaliknya.

        Karena awan bergerak terus dengan bantuan angin, awan yang bermuatan positif akan mengumpul dengan awan muatan positif lainnya. Muatan positif di awan bisa berada di bagian atas atau bagian bawah awan. Begitu sebaliknya jika muatan positf posisinya berada si atas, maka muatan negative berada di bagain bawah awan.

Pada saat terjadi beda potensial yang tinggi antara awan dengan bumi, maka awan akan melepaskan muatan negatifnya agar terjadi kesetimbangan muatan. Electron yang meloncat kebumi itulah disebut petir, tapi Petir juga dapat melompat dari awan ke awan (intercloud), dimana salah satu awan bermuatan negatif dan awan lainnya bermuatan positif.

Kenapa petir menimbulkan suara yang sangat keras? 

Suara yang timbul dari loncatan api itu juga sering disebut Guntur. Suara guntur timbul dari energi pelepasan electron. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi pemuaian udara yang secara singkat dan tiba tiba karena itulah timbul ledakan suara.

Mengapa petir sering terjadi saat hujan atau ketika akan turun hujan?

Seperti yang tersebut diatas udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan petir yang mengandung unsur aliran electron lebih mudah mengalir.

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Beginikah Proses Terjadinya Petir?"

Posting Komentar

Subscribe to Our Newsletter!
Sent!