Adakah Perbedaan Antara Dewa Poseidon Dengan Dewa Neptunus?

Sebelumnya kenapa saya menyinggung tentang dewa poseidon dan dewa neptunus itu karena berawal dari kasus dalam jalan cerita anime Detective Conan, kasus itu menyinggung  “sama atau tidak antara kedua dewa tersebut” dan “negara penganut dewa tersebut”, jadi saya berinisiatif untuk mencari informasi tersebut mengingat juga tidak banyak blog yang menyinggung informasi ini. Ok langsung saja cekidot

Dewa Poseidon

      Poseidon (bahasa Yunani: Ποσειδῶν, Poseidó̱n) adalah dewa yang masuk kedalam Mitologi Yunani. Posiedon juga salah satu dari 3 dewa pengusa diantara saudaranya yaitu Dewa Zeus(penguasa langit), Hades penguasa dunia bawah (alam kematian) dan Poseidon sendiri  (penguasa lautan)

Ia memiliki banyak julukan diantaranya: Hippios (Konsos), Enosikhthon (Pengguncang Bumi), Geokhos (Penjaga Bumi), dan Poseidon Aigaios.

Poseidon selalu digambarkan sebagai seorang pria yang perkasa, berjenggot dan membawa
trisula, Teradang juga digambarkan bertubuh setengah ikan dan membawa trisula, memiliki kendaraan yang ditarik oleh hippokampos (makhluk setengah kuda setengah ikan).

Istri Dan Anak Poseidon
  1. Amfitrit memiliki anak bernama Triton.
  2. Demeter memiliki anak bernama Arion, (seekor kuda yang bisa berbicara bahasa manusia.)
  3. Medusa memiliki anak bernama Khrisaor dan Pegasus yang muncul dari lehernya yang terpenggal perseus
  4. Astipalea memiliki anak bernama Ankaios, Erginos dan Eufemos (yang mampu berlari di atas air.)
    Anak Poseidon yang lainnya yaitu: Polifemos (seorang Kiklops) dan Oto & Ephialte (raksasa).
Dewa Neptunus

     Dewa Neptunus adalah dewa penguasa laut, air, sungai ,dan danau yang berawal dari Mitologi Romawi. Neptunus sendiri adalah pendanaan dari Dewa Posiedon. Dalam Mitologi Romawi memiliki saudara kandung bernama Yupiter dan Pluto.

Dia juga mempunyai banyak julukan diantaranya Aigaios, Asfaleios, Kuirios, Damatites, Epaktaios, Epopsios, Gaiaokhos, Genethlios, Helikonios, Hippios, Hippokurios, Isthmos, Lekhaios, Onkhestios, Patros, Petraios, Samikos, Samios, Tainarius.

Salah satu negara yang mengikuti Mitologi ini adalah Italia, roma, dan lain-lain. Orang-orang penganut Mitologi Romawi khususnya Roma menyembah Neptunus di dua kuil utama: yang pertama dekat Circus Flaminius dibangun pada tahun 25 SM, dan kuil kedua yaitu Bsilica Neptuni yang dibangun di Campus Martius.

Nah jadi kesimpulannya “samakah antara dewa neptunus dan dewa posidon?” Dari sumber wikipedia menyebutkan itu serupa tapi tidak sama. Lali bagaimana dengan jawabannya?

     Dewa Neptunus dan Dewa Poseidon, keduanya adalah dewa laut yang sama hanya saja penganut agama kepercayaanya menyebutkan perbedaan nama tersebut. Penganut Mitologi Yunani akan menyebut dengan nama Dewa Poseidon sedangkan penganut Motologi Romawi akan menyebut dengan nama Dewa Neptunus.

Untuk perbedaan nama saudara, julukan, tempat kuil, dan wujud gambaran. Semua itu menyangkut jarak dan pemikiran manusia yang berbeda. Semua perbedaanya memang tidak sama tetapi ada kesamaan, ingat kata wikipedia serupa tapi tak sama.

Dan untuk wujud gambarannya dewa poseidon seperti yang dijelasin diatas dan dewa neptunus bayangin aja seperti si kartun spongebob atau di anime one piece. Toh ini mitologi hanya orang yang percaya yang bisa gambarkan wujudnya lagian keduanya sama jadi tinggal imajinasi kalian saja.

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

1 Response to "Adakah Perbedaan Antara Dewa Poseidon Dengan Dewa Neptunus?"

  1. Hehe Kepo sehabis nonton SpongeBob yang 2020, kok ada dua dewa penguasa laut. Sekarang jadi paham menurut kartun nya neptune (penguasa laut) kalo Poseidon (penguasa atlantis)

    BalasHapus

Subscribe to Our Newsletter!
Sent!