Sebenarnya Hitam Atau Putih Warna Asli Dari Kulit Zebra?

Zebra (Equus) adalah binatang dari keluarga kuda (Equidae) yang banyak ditemukan di benua Afrika. Mamalia sosial yang dapat hidup 25 tahun ini memiliki keunikan sendiri dari hewan lainnya maupun dari keluarga yang sama (kuda ataupun keledai) keunikan yang paling mencolok itu terdapat pada warna tubuhnya yang belang hitam putih walaupun saat masih bayi berwarna coklat putih.

Warna tubuh zebra dari coklat putih menjadi hitam putih menjadikan banyak perdebatan mengenai warna asli hewan ini apakah putih belang hitam atau hitam belang putih? Jika dilihat secara sekilas warna putih memang lebih banyak dibandingkan warna hitam menjadikan banyak yang berpikir zebra memiliki warna asli putih berbelang hitam, namun pemikiran ini salah besar karena warna asli zebra adalah hitam yang berbelang putih, kenapa bisa begitu?

        Alasannya, kulit dasar Zebra berwarna hitam sehingga menjadikan bulu-bulunya juga berwarna hitam. Sementara belangnya yang berwarna putih tersebut merupakan bagian kulit yang mengalami kekurangan pigmentasi.

        Uniknya setiap hewan Zebra memiliki belang yang tidak seragam alias memiliki belang yang khas secara individual. Bahkan konsep ini hampir mirip dengan sidik jari yang dimiliki oleh manusia. Keunikan belang hitam putih dari warna tubuh zebra memiliki fungsi tersendiri yaitu dengan warna kulit berbelang tersebut dapat menjadikan terciptanya ilusi optik sehingga menjadi kamuflase yang bagus menghindari dari predator.

      Meskipun dihabitatnya rumput tinggi berwarna coklat kuning atau hijau tetapi zebra tetap akan sulit terdeteksi atau terlihat oleh para predator utama, yakni raja hutan atau singa, hal ini disebabkan karena singa tidak bisa membedakan warna atau buta warna, hidup zebra yang sosial itu juga menjadikan hal positif sendiri karena berbaur dengan corak-corak warna temannya.

       Fungsi lain yaitu untuk deflektor panas karena sekitar tujuh puluh persen panas akan dibuang melalui kulit hewan ini. Belang hitam dan putih pada Zebra juga sangat berguna untuk menghadapi lalat yang merupakan salah satu musuh utama yang mengganggu kenyamanan Zebra. Belang tersebut dapat menimbulkan pantulan cahaya yang terpolarisasi sehingga dapat menakuti lalat pengganggu.

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

1 Response to "Sebenarnya Hitam Atau Putih Warna Asli Dari Kulit Zebra?"

  1. Which sports to bet on today? - Sporting 100
    We're covering all the major sports and everything you need to know about the 토토 사이트 모음 top sports betting sites in the world. It's time to see

    BalasHapus

Subscribe to Our Newsletter!
Sent!