Sebenarnya Cairan Apa Yang Terdapat Di Dalam Glow Stick?


Kalian masih ingat dengan benda yang bisa menyala, biasanya dalam berbentuk gelang yang disebut Glow Stick? Waktu kecil kalian pasti sering memainkannya atau sekarang kalian juga masih menggunakan glow stick sebagai keperluan tertentu?

Glow stick atau juga disebut Light stcik biasanya sering digunakan untuk penelusuran ke sebuah tempat yang tidak dapat ditembus cahaya sperti penyelaman, lampu darurat untuk aksi militer, atau untuk peralatan konser. Mungkin glow stick ridak asing bagi anak-anak WOTA karena glow stick merupakan senjata utama bagi para WOTA \n,n/ Hidup WOTA!!!

Lalu kenapa glow stick dapat mengeluarkan cahaya dan kenapa harus mengocok dahulu saat digunakan? Sebenarnya terdapat zat apa di dalam glow stick  tersebut? Ok kita akan mengupasnya. So.......Cekidot!!

Zat Apa yang terdapat di dalam glow stick?
Didalam glow stick terdapat zat kimia yang disebut Cyalume dimana terdiri dari Hydrogen peroxide dan Fluorescent dye. Salah satu yang bersifat Luminescane(zat yang dapat menyala) atau tepatnya jenis Chemoluminescence karena dapat bercahaya dari dua zat yang saling bereaksi yaitu berupa hydrogen peroxide dan fluorescent dye.

Jadi jika kalian masih menganggap dalam glow stick terdapat cairan fosfor sehingga dapat menyala karena sifat fosfor tersebut, anggapan tersebut harus dihilangkan mulai sekarang.

Kenapa harus mematahkan(dibengkokkan) dan harus dikocok saat menggunakan?

Glow stick harus dipatahkan agar hydrogen peroxide dan fluorescent dye saling bertemu dan harus dikocok agar cairan kimia yang nyala menyebar secara merata, untuk lama penggunan glow stick biasanya dapat bertahan dalam rentang waktu 6 jam. Walaupun glow stick kualitas bagus dapat menyala dalam 12 sampai 24 jam.

Glow stick juga hanya bisa digunakan sekali pakai, jika interaksi dua zat kimia tersebut sudah selesai bereaksi cahaya akan mati dan glow stick sudah tidak bisa digunakan kembali. Sebelum interaksi selesai nyala glow stick juga tidak bisa dihentikan.

Nah begitulah sisi pelajaran kimia dalam glow stick, mulai sekarang jangan sampai salah dengan menganggap cairan dalam glow stick adalah fosfor. Oke thanks for reading !!

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

1 Response to "Sebenarnya Cairan Apa Yang Terdapat Di Dalam Glow Stick?"

  1. Keren sih jadi tau,banyak web yang g dikasih tau komposisinya thanks bermanfaat

    BalasHapus

Subscribe to Our Newsletter!
Sent!