Asal Mula Wortel Itu Putih! Kenapa Sekarang Jadi Orange?

Sayur yang berwarna orange? jelas yang pertama dipikirkan semua orang adalah Wortel. Wortel sendiri adalah sayuran yang sering digunakan untuk masakan. Dan ternyata, warna asal dari wotel bukanlah orange? tapi perpaduan antara putih  dan kuning(ada juga yang bilang warna ungu)!! Nih sejarahnya

          Bukti sejarah tertua tentang wortel terdapat di Mesir. Wortel terbesar muncul pada gambar-gambar di kuil Mesir pada tahun 2000 SM. Dua ratus tahun kemudian, Raja Mesir, Merodach-Baladan menanam wortel di kebun pribadinya. Namun saat itu hanya daun dan bunga wortel yang dimasak sebagai sayuran.

          Sejarahnya wortel sendiri mulai banyak dikonsumsi sejak tahun 1 Masehi. Menurut sejarah, wortel aslinya muncul dari Asia Tengah di sekitar Afghanistan (yang saat ini) kira-kira 5000 tahun yang lalu dan menyebar secara perlahan ke daerah Mediterania.

          Bibit wortel telah ditemukan di Danau purba wilayah Swis, sehingga para ahli menduga, wortel telah dikonsumsi manusia purba sebagai obat. Wortel sendiri telah menjadi bagian dari peradaban manusia selama 5000 tahun. Dan hingga abad ke-10, wortel ungu tumbuh subur di Afganistan, Pakistan dan Iran utara.
Sebelum itu, hampir semua wortel berwarna ungu, dengan sesekali muncul versi hasil mutasi, seperti wortel berwarna kuning dan putih.
  
          Sebenarnya Sebelum abad ke-17 wortel berwarna Ungu, Merah, Putih, Hijau Kuning dan Hitam. Warna orange sengaja ​diciptakan​ berdasarkan warna favorit keluarga kerajaan Belanda, dinasti Orange-Nassau terutama William I yang dikenal sebagai Pangeran Orange (Prince of Orange).

          Kemudian William membentuk House of Orange-Nassau, yang menginginkan semua hal memiliki warna orange, termasuk beberapa jenis sayuran, salah satunya Wortel. Dan setelah dibentuknya ini wortel orange diproduksi secara besar-besaran karena warnanya sama dengan simbol negara Belanda

          Akan tetapi!! Meski wortel oranye dikembangkan setelah abad ke-17, namun ada manuskrip Bizantium bertanggal 512 SM yang menjelaskan tentang wortel oranye, bahwa varietas mutan ini bisa dikembangkan pada waktu itu.

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Asal Mula Wortel Itu Putih! Kenapa Sekarang Jadi Orange?"

Posting Komentar

Subscribe to Our Newsletter!
Sent!