Penjelasan Sains Tentang, Kenapa Bintang Terlihat Kelap-Kelip dari Bumi?

Dari imajinasi anak-anak sampai imajinasi seorang seniman profesional, bintang dalam sebuah gambar pasti selalu berwarna kuning dan memiliki bentuk mata angin segi lima. Padahal kenyataannya jika kita lihat bintang dari bumi warna bintang selalu putih dan berkedip-kedip, alasan kenapa bintang berkedip-kedip inilah yang akan kita bahas.

Menurut Ilmuan ahli Astronomi
Bintang adalah benda langit yang dapat memancarkan cahayanya sendiri.
Sedangkan orang-orang yang berada dibumi setiap melihat setitik cahaya dilangit malam selalu dianggap sebagai bintang kecuali satu yaitu bulan(entah mengapa bulan tidak dianggap sebagai bintang). Padahal bintang yang bertaburan diatas langit malam bukan hanya gas-gas yang dapat menciptakan cahanyanya sendiri seperti yang dijelaskan diatas.
Bintang-bintang bercahaya yang kita lihat dari bumi ada yang berupa planet, satelite, komet, nebula dan matahari atau bintang itu sendiri, berputar membentuk sebuah galaksi. Karena itu bulan terlihat bertaburan jika kita lihat dari bumi.
Kembali ketopik pembahasan, jika kita amati dari bumi bintang di angkasa ada terlihat berkedip-kedip menjadi terang kemudian gelap dan seterusnya begitu, Namun faktanya bintang tidak berkedip-kedip samasekali.
Bintang berkedap kedip dimalam hari karena saat cahaya bintang masuk ke bumi melalui atmosfer yang bergoyang-goyang. Didalam atmosfer bumi ada lapisan atau tempat yang tebal dan tipis, dan selalu bergerak tidak teratur sehingga ketika cahaya bintang masuk melewati atmosfer akan tampak seperti bergoyang goyang. Inilah yang membuat bintang seolah berkelap-kelip namun sebenarnya tidak.
Kejadian ini sama seperti ketika kita sedang melihat benda didalam air, contohnya kamu sedang melihat ikan dilaut, ikan tersebut akan tampak bergoyang-goyang didalam karena adanya goyangan dari air, begitu juga jika kamu yang sedang menyelam melihat orang diatas air, akan terlihat sama (bergoyang) begitulah yang dialami cahaya bintang melalui atmosfer, akan telihat seolah berkedap kedip.
Jika kita memelajari fisika sebuah cahaya akan dibelokkan jika melewati 2 medium yang berbeda dan akan menyebabkan pembiasan pada mata. Nah dari asal cahaya sampai mata kita cahaya bintang melewati beberapa medium angin yang selalu bergerak dengan cepat hingga atmosfir bumi mengalami pergolakan istilah tersebut dalam sains dinamakan Turbulensi yaitu perubahan kecepatan aliran udara yang sering terjadi dalam skala kecil, dengan jangka waktu yang pendek dan acak.
Lalu kenapa dilangit ada bintang yang tidak berkedip?
Jawabannya adalah karena bintang yang kita anggap tidak berkedip itu bukan bintang yang dimaksud dalam sains atau bintang semu. Bintang yang kita maksud adalah planet yang dapat memantulkan beberapa persen dari cahaya metahari.
Bintang planet atau sejenisnya dapat berkedip jika kondisi atmosfer bumi turbulensinya sangat kuat, atau ketika planet berada dekat dengan horison,  maka planet akan terlihat berkedip. Karena ketika planet berada dekat dengan horison (sesaat sebelum tenggelam atau setelah terbit) berkas cahayanya harus melalui atmosfer bumi yang lebih tebal.

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Penjelasan Sains Tentang, Kenapa Bintang Terlihat Kelap-Kelip dari Bumi?"

Posting Komentar

Subscribe to Our Newsletter!
Sent!