Bau Unik Saat Turun Hujan Itu Petrichor?


Artikel kali ini akan membahas tentang sesuatu yang sering kalian rasakan(?). kemunculan-Nya yang khas menjadikan kalian sering menandai datangnya turun hujan. apakah mendung atau grimis? Kali ini bukan keduanya akan tetapi petrichor. Nah sekarang apa itu petrichor?

       Petrichor(baca: petrikor) berasal dari kata dalam bahasa Yunani ‘petros’ yang berarti batu dan ‘ichor’ yang berarti cairan yang mengalir di pembuluh darah para dewa. Petrichor adalah istilah untuk bau yang dihasilkan saat hujan jatuh di tanah kering. Istilah ini diberikan oleh dua peneliti CSIRO yaitu: Isabel Joy Bear (Australia) dan Roderick G. Thomas (Britania) pada tahun 1964, untuk artikel dalam jurnal Nature.

       Dalam artikelnya, petrichor berasal dari minyak yang dikeluarkan oleh tumbuhan tertentu saat cuaca kering, kemudian minyak tersebut diserap oleh tanah dan batuan yang terbentuk dari tanah liat. Ketika hujan turun, minyak tersebut dilepaskan ke udara bersama senyawa lain bernama geosmin(produk sampingan metabolisme aktinobakteri) yang dikeluarkan oleh tanah basah dan menghasilkan bau yang unik.

Selanjutnya, Bear dan Thomas (1965) menunjukkan bahwa minyak tersebut menangkal germinasi benih dan pertumbuhan dini tanaman. artinya tanaman mengeluarkan minyak untuk melindungi benih tersebut dari germinasi saat ada tekanan.


     Tahun 2015, beberapa ilmuwan MIT menggunakan kamera berkecepatan-tinggi untuk merekam bagaimana bau bergerak keudara. Pengujian tersebut mengikutkan sekitar 600 percobaan pada 28 permukaan yang berbeda. Saat hujan jatuh ke permukaan berpori, udara dari dalam pori membentuk gelembung kecil yang mengambang ke permukaan dan mengeluarkan aerosol. Aerosol tersebut membawa bau dan bakteri dan virus dari tanah. Tetes hujan yang bergerak dengan laju yang lambat cenderung menghasilkan aerosol lebih banyak; hal ini menjelaskan kenapa petrikor lebih umum ada pada saat rinai.

Latar belakang artikel ini ditulis karena banyak orang yang belum tahu tentang sesuatu yang mereka rasakan itu baik nama, proses, asal mula. Bahkan saya sendiri tahu tentang hal ini 1 tahun yang lalu, dan dari semua bacaan yang pernah saya baca hanya 2 kali saya menjumpai kata petrichor. So kaliah harus tahu pengetahuan terutama disekitarm.

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Bau Unik Saat Turun Hujan Itu Petrichor?"

Posting Komentar

Subscribe to Our Newsletter!
Sent!