Biografi J.K Rowling, Novelis Fiksi Penyihir Dumbledore






Harry Potter, sebuah cerita fiksi fantasy yang mengisahkan kehidupan penyihir bernama Harry Potter di sekolah penyihir bersama dengan 2 temannya untuk mngupas rahasia buruk yg terjadi pada Harrry Potter sekaligus berhubungan dengan sekolah penyihirnya.

Cerita Harry Potter memang unik tidak banyak orang yang dapat menulis sebuah cerita yang menyangkut penyihir dengan imajinasi yang sangat natural(tidak berlebihan). Film Harry Potter sudah diputar berulang-ulang kali dilayar kaca Indonesia, mungkin di Indonesia lebih terkenal filmnya dari pada novelnya mengingat seberapa tebalnya buku tersebut dan dikali seri yang dibuat penulis.

       Bicara tentang penulis carita Harry Potter, dia adalah J.K Rowling(dari nama ini dia seorang laki laki) tetapi nama aslinya adalah Joanne Kathleen Rowling (ini yang menunjukkan dia perempuan), jujur dulu saya tertipu dengan nama penulis tersebut, saya pikir J.K rRwling adalah laki-laki, ok langsung saja

Biografi J.K rowling

      Joanne Kathleen Rowling penulis novel harry potter dengan nama pena J.K. Rowling lahir di Yate, Gloucestershire Utara, Inggris, 31 Juli 1965 dan Berkewarganegaraan Britania Raya. Memiliki 1 anak perempuan bernama jessica dari Pasangan pertama Jorge Arantes (m. 1992–95) dan 2 anak David Gordon Rowling Murray(laki laki)dan Mackenzie Jean Rowling Murray(perempuan) dari suami kedua Neil Murray (m. 2001–sekarang).

       Dulunya rowling adalah ibu rumah tangga namun memiliki bakat menulis yang dapat dimanfaatkannya dan sekarang dia menjadikan dirinya novelis sebagai pekerjaanya. Untuk karnya sebagai novelis adalah serial novel harry poter, dari novel tersebut dia merubah kehidupannya yang dibilang pas pasan(waktu itu) menjadi wanita terkaya di inggris dengan novel terlaris sepanjang sejarah. Rowling menjadi sorotan kesusasteraan internasional pada tahun 1999 saat tiga seri pertama novel remaja Harry Potter mengambil alih tiga tempat teratas dalam daftar New York Times best-seller

 Jalan Kesuksesan 

       Sebagai seorang lulusan Universitas Exeter, Rowling berpindah ke Portugal pada tahun 1990 untuk mengajar Bahasa Inggris. Di sana dia berjumpa dan menikah dengan seorang wartawan Portugis. Anak perempuan mereka, Jessica dilahirkan pada tahun 1993. Selepas perkawinannya berakhir dengan perceraian, Rowling berpindah ke Edinburgh bersama-sama dengan anaknya tinggal berdekatan dengan rumah adik perempuan Rowling. Di Edinburgh, Rowling menghadapi masalah untuk menghidupi diri dan anaknya. Semasa hidup dalam kesusahan itu, Rowling mulai menulis sebuah buku. Dikatakan Rowling mendapat ide tentang penulisan buku itu sewaktu dalam perjalanan menaiki kereta api dari Manchester ke London pada tahun 1990.

        Buku pertamanya adalah Harry Potter dan Batu Bertuah(Harry Potter and the Sorcerer’s Stone), buku inilah yang memulai perjalanan hidup barunya, rowling beberapa kali ditolak menjual buku tersebut, Rowling berhasil menjual buku itu, untuk jumlah sebanyak $4000.

Selanjutnya diikuti buku Harry Potter dan Kamar Rahasia(Harry Potter and the Chamber of Secrets), dan Harry Potter dan Tawanan Azkaban(Harry Potter and the Prisoner of Azkaban.) Ketiga buku itulah(seri 1,2,dan 3) yang berhasil menangguk keuntungan lebih kurang 480 juta dolar AS dalam masa tiga tahun dengan cetakan 35 juta naskah dalam 35 bahasa pada tahun 2000.

Disusul buku Buku keempat rilis pada Juli 2000 yaitu Harry Potter dan Piala Api, telah dicetak buat pertama kalinya sebanyak 5,3 juta naskah dengan pesanan tambahan sebanyak 1,8 juta naskah. Tidak sampai disitu rowling berkeinginan untuk mengarang tujuh buah buku bagi seri tersebut

Buku kelimanya, Harry Potter dan Orde Phoenix, telah mulai dipasarkan pada 12 tengah malam 21 Juni 2003, serentak di seluruh dunia selepas lebih kurang 3 tahun buku keempat diterbitkan.

Buku keenam bejudul Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran(Harry Potter and the Half-Blood Prince) juga telah diluncurkan secara resmi serentak di seluruh dunia pada pukul 12.01 malam 16 Juli 2005. Untuk melancarkan peluncuran buku tersebut, ia mengadakan keramaian istimewa di Edinburgh Castle. Ia melibatkan diri dalam beberapa salam jumpa dan meluangkan waktu dengan pembaca kanak-kanak yang meminati bukunya. Sejauh ini, peluncuran buku keenamnya di seluruh dunia lebih mendapat perhatian dari peluncuran buku Harry Potter yang lain.

      Setelah melewati kesuksesan dengan buku keenam, Rowling meluncurkan buku ketujuhnya yang berjudul Harry Potter dan Relikui Kematian(Harry Potter and the Deathly Hallows) pada tahun 2007. Buku ini adalah akhir penjalanan kisah harry poter yang ditulis jk rowling

 Dari Buku ke Layar Lebar

        Harry Potter and the Sorcerer’s Stone telah diangkat ke layar lebar di bawah arahan sutradara Chris Colombus yang mulai ditayangkan pada 16 November 2001. Pada ujung minggu pembukaannya di Amerika Serikat, film tersebut telah memecahkan rekor dengan keuntungan sekitar 93,5 juta dolar AS (20 juta dolar lebih banyak dari pemegang rekor terdahulu yaitu film The Lost World : Jurassic Park 1999. Sekuel film seri ini, Harry Potter and the Chamber of Secrets, mulai ditayangkan pada 15 November 2002 dan menjadi film ketiga untuk pembukaan ujung minggu terbaik dalam sejarah pecah panggung. Film ketiga, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban telah mulai ditayangkan pada 4 Juni 2004. Disusul dengan sri seri selanjutnya(seri ketujuh dibagi menjadi 2 part) Dan katanya film harry potter akan kembali yang akan menceritakan kisah harry potter yang sudah memiliki 2 anak(kemungkinan kisah anaknya)

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Biografi J.K Rowling, Novelis Fiksi Penyihir Dumbledore"

Posting Komentar

Subscribe to Our Newsletter!
Sent!