Tinta Kasat Mata Invisible Ink

Invisible Ink, pernah dengar tentang tinta yang berbeda itu? Yang anak kimia pasti tahu-lah. Sebenarnya saya sering menjumpai diberbagai film atau novel sebagai pesan rahasia seperti dalam novel Sherlock Holmes. Tetapi Saya pertama kali mendengar tentang Invisible Ink dari Anime Detective Conan, walaupun agak berbeda “Dalam anime Invisible Ink terkena panas malah menghilang”.

Seperti namanya Invisible = Tak Terlihat dan Ink = Tinta. Jadi Invisible Ink pada dasarnya adalah tinta tidak berwarna atau transparan, dimana bila digunakan untuk menulis, tulisannya tidak dapat dibaca.

Lalu buat apa tinta itu ada kalau tak terlihat? 


Awalnya Invisible Ink memang tak terlihat karena itu harus menggunakan cara atau media khusus untuk melihatnya. Dan berbeda media, berbeda pula cara khusus atau media penampak yang harus digunakan (Dalam dunia kriptografi, tinta rahasia dimasukkan sebagai bagian dari steganografi).

Beberapa media dan cara munculkan alternatif alami Invisible Ink
  • Jus lemon dan amonium klorida, sebagai tinta rahasia dapat ditampakkan dengan cara dipanaskan.
  • Larutan kanji, sebagai tinta rahasia dapat ditampakkan dengan iodium.
  • Asam cuka, sebagai tinta rahasia dapat ditampakkan dengan bawang merah atau air sari kubis.
  • Soda kue dan air, dengan perbandingan yang sama akan menjadi tinta rahasia, dapat ditampakkan dengan dipanaskan.
  • Kobal oksida, sebagai tinta rahasia dapat ditampakkan dengan asam nitrat atau asam hidroklorat dan dipanaskan.
  • Protein fluoresen, dapat ditampikan dengan sinar ultraviolet.
  • Yang penting, bahan-bahan tersebut mengandung asam.
       Invisible Ink, pertama kali digunakan sekitar abad ke-5 M dengan menggunakan bahan sari buah. Biasanya digunakan oleh kalangan kerajaan atau bangsawan untuk mengirimkan pesan rahasia yang bertujuan jika pesan itu dicuri, si pencuri tidak tahu isi pesannya karena hanya penulis dan penerima yang tahu metode ini.

Bahan dari Invisible Ink dahulu belum banyak yang tahu dan susah dicari karena itu, hanya orang-orang tertentu yang menggunakannya. Tetapi sekarang sudah banyak dipasaran dalam bentuk pena Invisible Ink atau dikenal dengan istilah security maker pens dan pena untuk membacanya yaitu pena untuk membacanya yang diistilahkan decoder pens. Selain untuk surat rahasia di zaman modern untuk permainan sulap dan style konser musik.

Dari Transparan Menjadi Terlihat

       Sebab kenapa tinta dari transparan menjadi terlihat, karena terdapat kandungan zat asam tertentu dalam tinta. Seperti dalam sari buah lemon yaitu iodin dan asam lemah, membuat kertas putih yang sudah ditulisi dengan tinta itu tetap terlihat putih walaupun sudah kering. Bagian yang terkena asam akan lebih cepat berubah warna ketika dipanaskan dari pada area lain yang tidak terkena asam. Karena itulah tintanya menjadi terlihat.

Tapi ada juga yang mengatakan dalam sari buah lemon mengandung persenyawaan karbon. persenyawaan karbon memang hampir tidak berwarna bila dilarutkan dalam air. tapi, bila dipanaskan persenyawaan karbon akan menghasilkan karbon yang berwarna hitam.

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Tinta Kasat Mata Invisible Ink"

Posting Komentar

Subscribe to Our Newsletter!
Sent!